Tentang Mengajar #1

Tidak terasa hampir setahun juga saya menggeluti dunia mengajar. Profesi sebagai pengajar sebenarnya bukan tujuan utama saya tapi karena satu dan lain hal, inilah yang saya jalani sampai hari ini. 

Dalam kurun waktu kurang dari setahun, kurang lebih saya sudah mengajar 11 kelas di tempat les, dan 4 kelas di universitas. Yang selalu menjadi konsern saya dalam mengajar adalah bagaimana menjaga mood ketika harus berhadapan dengan murid-murid yang punya karakter berbeda-beda. Ya, abis gimana ya, susah sih makhluk Pisces. :D

Ketika saya mengajar di tempat les tentu saja harus menggunakan pendekatan berbeda ketika mengajar di universitas. Di tempat les saya adalah Miss Ananda. Di universitas saya adalah Ibu Nanda atau Kak Ananda. Dari segi sapaan pun, saya harus menjalani peran yang berbeda di mana pun saya berada. Maka, ketika dalam satu hari saya harus berpindah lokasi sampai dua kali, bukan saja badan saya yang lelah, perasaan saya juga sama letihnya. 

Tahun lalu saya sempat menjalani hari yang super melelahkan. Waktu itu setiap hari Rabu, pagi hari saya harus mengajar di universitas. Siang hingga sore, saya mengajar di tempat les. Kemudian malam, saya lanjut ke universitas. 

Pagi-pagi saya bertingkah sebagai dosen. Siang ke sore saya bertingkah dan berbahasa layaknya guru les. Malamnya ganti mode bahasa dan tingkah laku jadi dosen kembali. Kadang saya berpikir kalau saja ada tombol mode on/off di tubuh ini, pasti seru. 

Ketika menjalaninya selama kurang lebih tiga bulan, saya mendapat kesimpulan bahwa dalam mengajar adaptasi juga diperlukan. Bukan saja murid yang harus beradaptasi dengan gurunya, guru juga perlu beradaptasi dengan muridnya. Beda murid, beda pendekatan, beda bahasa, dan beda cara mengajar. Makanya, kalau ada yang masih berpikir “ah, ngajar kan gampang, tinggal ngomong aja.” Well, you gotta try teaching once, then you’ll know.

Kira-kira ada yang punya tips and trick buat mengajar?

Comments

Popular posts from this blog

Itazura na Kiss : Love In Tokyo

Study Week, Minggu Mengulangkaji, atau Minggu Tenang?

Hari Ke - 11 : (Anggap Saja) Tips Liburan ke Jepang