Pages

Tuesday, September 23, 2008

The Imported was SUCCESSFULL!!!

Akhirnya selesai acara mengimport blog dari Blogger ke site ini!

Sebenarnya pekerjaan ini tidak memakan waktu lama, hanya sekitar satu menit. Cuma, kemaren itu si Max lagi kumat. Dan sekarang, si MAx lagi on a high, means, dia lagi kencang2nya.
Hihihhii...

Yeah, bagi yang belum pernah baca blog saya yang dulu, silahkan dibaca. Walaupun sebenarnya gak ada yang penting!=)

Peace!

Monday, September 22, 2008

Hal2 yang Membuat Saya Selalu Ingin Pulang....

Ada beberapa hal yang selalu membuat saya ingin pulang.......

Rumah dan segala isinya!

Wozzz...pastinya! there's no place like home! di mana lagi saya bisa seenaknya? ahahaha....

Yah, walaupun saya lebih 'seenaknya' disini! bangun siang gak ada yang peduli, kalo gak makan gak ada yang marahin, shalat Subuh gak ada yang bangunin! hehe....
Isinya? yah, pastinya orang2 yang berada dalam rumah, Ayahku, Mamaku, Abangku, dan Kakakku.

Let me know u my friend, ketika kau telah berada jauh dari rumah, barulah kau sadar kalau rumah itu adalah tempat yang paling nyaman sedunia!!=)

Teman2

Whua....selalu ingin bersama kalian....=)
Tidak perlu disebutkan satu per satu! hehehe....

Makanan

Yeah, udah jadi pendapat umum kali ya kalo makanan di Medan itu enak2 dan banyak jenisnya. Semua ada, dari yang tradisional sampek internasioal. Dari yang gak enak sampek yang enak sekali. Dan dari yang murah (nak mampus) sampek mahal (nak mampus juga). Hohoho....

Saya selalu ingin makan mie ayam, mpek2, baso, siomay, nasi uduk, lontong sayur, sate padang, dan pastinya, BUBUR AYAM!!!
(Ya Allah..kenapa aku suka kali makan bubur ayam?!)

Mati Lampu

Hihihi...yang ini agak2 absurd!
Memang iya, kadang saya merindukan saat2 menggunakan lilin atau lampu emergency di dalam rumah, sambil berperang melawan ganasnya nyamuk Kompleks Kejaksaan!=)
Hmmm....masih sering mati lampu gak sih sekarang?

TV,Radio,Majalah,Koran!

Yeah, media massa! ini nih yang selalu membuat saya ingin pulang. Walaupun saya masih bisa baca Kompas, Tempo, Gadis, RSI, dengerin Prambors, bahkan nonton MetroTV dari sini, tapi tetep aja gak afdol!

Baca RSIonline, di akhir artikel pasti ada tulisan "...selengkapnya baca di edisi.." DAMN!
Paling baca koran Tempo yang lengkap, tapi kadang lambatnya minta ampun. Haduhaduh....
Nonton TV via imediabiz.tv apalagi! Sampek jenggotan pun buffernya gak jalan2!=(
Dengerin Prambors via internet? haduhaduh.....sama aja! lambat....=(

Gramedia

Inilah tempat yang wajib saya datangi kalo pulang! WAJIB! kalo gak saya sakit kepala, gak seleran makan, lalu demam! halahahalah...

Walaupun buku du Borders dan Popular lebih banyak, tapi saya gak selera belinya. Alasannya adalah karena, bukunya bahasa Inggris semua! text book aja bacanya kadang2, apalagi mau baca novel bahasa Inggris?!

Ada sih bahasa Melayu, cuma malas aja belinya. Hihiiii....
Lagian, saya memang lebih suka baca novel2 Indonesia. Hehhehhee.....

Sun Plaza

Nah, ini agak2 tahapa juga! tahapa la ya kan aku kangen Sun Plaza! padahal lebih besar lagi Queensbay disini. Tapi, masalahnya.....di Sun itu ada Gramedia, coy! Hahhaa...

Gak lah, yang ini alasannya agak gatal sikit. Di Sun lumayan banyak lah lelaki ganteng berkeliaran! wahahahhaa.....

Guys, it's hard to find some kind of cute boy in this island! gak heran kalo cewek2 disini agak2 haus lelaki. Malah ada beberapa orang yang standard kegantengan untuk seorang lelaki udah mulai turun, saking susahnya nyari cowok ganteng disini!
Berlebihan!
(hope my Edho doesn't read this post! maapkan aku syg...) Whahahhahaa........

Ada lagi yang kira2 bisa membuat kangen??
Yeah, apapun itu, yang namanya orang merantau, ada aja hal2 kecil yang selalu membuat ingin pulang...=)

P.S: tidak sabar ingin pulang!!!

Saturday, September 20, 2008

This Is OUR Fault! (What's next?)

Whohohoo...gini lha kan kalo lagi marok! asik mau ngpost aja kerjanya...

Kali ini saya ingin bercerita tentang....budaya. Wozz...terkesan mantap, tapi sebenarnya gak kok. Ini cuma pemikiran saya sebagai seorang warga negara Indonesia (yang tidak begitu baik) yang tinggal di negeri orang (yang katanya hobi nyuri dan nyiplak!)

Jadi kan, saya selalu merasa aneh melihat kain batik bergelantungan di di Gallery Seni kampus saya dengan tulisan besar: BATIK MALAYSIA.
Saya jadi mikir, sebenarnya batik ini asalnya dari mana sih? Jawa atau Malaysia? seperti yang dikatakan orang2 disini.

Beberapa tahun yang lalu, saya pernah mengunjungi sejenis pabrik, atau boleh dibilang bengkel kain di Pulau Pinang (tapi saya lupa nama daerahnya). Nah, disitu memang ada alat2 yang mirip sama alat2 yang digunakan untuk membuat batik di Solo, as i saw at batik workshop near Keraton when I was in holiday!

Dulu yang gak mikir yang aneh2. Paling cuma berkomentar, "lho, kok kayak di Solo waktu itu?".
Tapi sekarang saya jadi mikir, "pabrik itu kapan ya didirikan? apa selama yang di Solo? Dan, orang2nya itu beneran orang Melayu atau jangan2 orang Jawa?"
Hoho...

Tapi kalo diperhatikan lebih jauh, memang ada bedanya. Kalo batik Malaysia lebih jelas motifnya, misalnya gambar bunga atau daun. Tapi kalau Indonesia, motifnya lebih abstrak, dan jelas, LEBIH KEREN! (halah!)

Setahun yang lalu, pas saya baru2 disini, gak ada tuh heboh2 batik. Kalo saya gak salah, sejak ribut Reog Ponorogo (yang katanya dihakpatenkan sama negara ini), makin banyak aja budaya kita berkeliaran di negeri ini dan terkesan dihakpatenkan.

Kalau saya duduk2 di depan Graha Seni lagi nungguin si Edho, saya sering mendengar suara alat musik mirip suara gamelan. Dan pernah suatu saat, anak2 musik lagi latihan apa...gitu di luar. Eh, ternyata memang alat musikya mirip sama gamelan. Maennya diketok2 gitu juga.
Hhhh.....

Trus, angklung juga! Waktu saya browsing internet buat nyari tugas Bahasa Melayu. Kebetulan saya dapat judul presentasi tentang kebudayaan, jadilah saya browsing ke situs resminya Kementrian Kebudaya Malaysia.

And you know what, di halaman 'Alat Musik Tradisional', saya melihat angklung disitu. Angklung, teman2! alat musik yang kita kenal sebagai alat musik tradisional dari Jawa Barat. dan itu adanya di situs resmi kerajaan, means, lagi2 terkesan di hak patenkan.

Okay, satu lagi! waktu ada kegiatan Buddies Student di International Office. Jadi ceritanya anak2 Kyushu Universiti (dari Jepang) yang datang ke USM nyanyi lagu tradisional Jepang. and they ask us to sing one Malay trasditional songs. Dan kalian tau mereka nayayi apa? ya pastinya Rasa Sayang Hey,, kalo bahasa kita sih, Rasa Sayange!

Whua....saya dan Rika (teman Indonesia) langsung liat2an penuh arti. Bad mood gitu tiba2. Dan, saya gak ikutan nyanyi, cuma mulut aja komat-kamit gak jelas.
Sedikit sakit hati, coy!

Masih banyak lagi hal2 kecil yang terjadi disini tentang acara pengambilan budaya kita. Saya dan teman2 juga pernah mendengar lagu Soleram yang liriknya diganti jadi bahasa Melayu. Iramanya benar2 sama dari awal sampek habis. And I saw them dance with that song.
DAMN!

Dengan terjadinya semua ini, saya mikir, siapa yang harus disalahkan dengan ini semua? And I can answer that question, this is OUR fault!
Yupz, kita, rakyat Indonesia sendiri.

Kita gak pernah menjaga budaya tradisional kita dengan baik sampai budaya itu diambil baru sibuk menyuruh pemerintah negara lain minta maaf dan mengembalikannya!

Let us ask ourselves, pernah gak kita mempelajari dan memahami budaya kita? Okay, memang ada sebagian orang yang memang mengabdikan dirinya dalam kesinian tradisional. Yeah, tapi sepertinya populasinya makin menipis.
Dan saya akui, saya juga gak mempeljari kesenian tradisional dengan baik. Tapi setidaknya, saya tau, saya baca! dan saya sadar kalo ini salah kita!

Oiya, satu lagi. Kita punya gak undang2 yang melindungi kesenian tradisional kita ini? yang menetapkan kalo budaya2 di atas dan yang lain adalah punya kita?

Jelas gak ada! kalo ada, gak mungkin sampek dicuri! dan kalopun dicuri, dengan mudah kita bisa membuktikan kalo itu punya kita dan mengambilnya kembali dengan resmi.

Kalau dilihat dari segi sejarah, memang Indonesia-Malaysia itu serumpun, sama kayak dengan Thailand, Philiphina, dan Laos. Mungkin pas zaman kerajaan dulu ada pertukaran budaya disana. Okay, itu masuk akal.
Tapi kalau memnag berani mengatakan itu budaya kita harusnya bisa mengumumkan secara resmi kalo Reog, Batik, atau Rasa Sayange adalah PUNYA KITA DARI DULU!
Bukan sekarang, di saat dunia sudah hampir mengetahui kalau Batik adalah dari Malaysia.

Well, saya juga gak tau sbenarnya budaya2 di atas asal mulanya darimana dan punya siapa sebenarnya. Kalau dilihatt dari sejarah, memang masuk akal sih ada pertukaran budaya. Tapi kalo dilihat sekarang, ya jatuhnya pencurian budaya!

Yaudah la ya, cincai2 aja! yang hanya bisa saya lakukan disini cuma mengurut dada kalo lagi melihat budaya2 kita ditampilkan dan disebut2 sebagai budaya asal sini.

However, saya asangat mengharapkan bapak2 yang di atas bisa mengambil tindakan tegas tentang hal ini sebelum budaya2 lain dihakpatenkan oleh Malaysia tau negara2 lain di dunia. Saya ngerti kok Pak, kerjaan bapak2 banyak, tapi gpp lah politik dan ekonomi agak kacau balau, itu normal kok kalo kata penganut paradigma konflik.
Tapi jangan sampek kita kehilangan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia yang kaya akan budaya!=)

Dan buat teman2 dimana pun kalian berada, sebaiknya kita mulai memepelajari, atau at least, baca2 aja kali ya budaya kita yang kaya ini. Hohoho...
Yeah, setidaknya kita 'aware' sama negeri sendiri!

Okay, kita lihat saja nanti, budaya apa lagi yang hilang dari kita? hehe...
Tapi kalo tiba2 ada patung Si Gale Gale nari2 disni, udah jelas kali lha nyurinya itu! Jauh kali si abang Gale maennya sampek ke Malaysia...=p


P.S: Duh, semoga aja dengan adanya postingan ini aku gak kena tangkap di bawah ISA! Hhahah...

Peace!

Little Time, Much to Do!

Hhhh....benar2 tidak sabar ingin pulang. Ini nih syndrome kalo udah mau pulang. Saya sengaja nyimpan tiket pesawat (yang harganya mahal giler mentang2 mau lebaran! DAMN!)jauh2 dari pandangan mata, di laci meja belajar, biar saya bisa tetap konsentrasi menjalani hari2 disini. Tapi sama aja sebenarnya, makin hari makin gak konsen aja, pikiran ini udah mau pulang...aja, padahal saya masih harus menyelesaikan beberapa hal sebelum tanggal 26, a l:

  • tugas YKT214- Teknologi Komunikasi
  • tugas YKT211- Teori dan Penyelidikan Komunikasi
  • test LKM400- Bahasa Melayu IV
  • bayar uang broadband
  • dan yang pasti, PACKING!!!

Whua...dan setelah lebaran nanti, tugas dan presentasi lain menunggu! Huh! dasar USM suka gak sopan, orang lain libur, disini kuliah! orang masih mau mid sem, disini udah final exam aja....Oiya, dan gak terasa, semester tiga disini udah hampir habis aja. Sebulan lagi final exam!!! Ya Allah....semoga IPku naek...Amin...=)

Yeah, semoga saya bisa menjalani ini semua dengan lancar....

 

P.S: kangen kacitong....=(

Moving! (Lagi)

Aduhaduh....
Si Ndok emang benar2 belum stabil. Memutuskan mau ng-blog diamana aja susah.

Nah, jadi dengan adanya entry ini, sah lah perpindahan saya ke site yang udah lama saya punya  tapi gak pernah diupdate ini. Hehe...

Sebenarnya saya pengen import blog yang kemaren, cuma malas. Lagian, si MAx (panggilan sayang buat Maxis Broadband) lagi lambat! (apa karena belum dibayar ya tagihannya?!)

Anyway, saya udah pindah ngblog kesini. Semoga aja gak pindah2 lagi. God...I'm realy2 want to be a 'stable' girl!!
Dan semoga aja akan ada entry bermutu di blog ini. Ahahahaha....

Oiya, saya cuma dunia tau kalo saya cuma ingin menulis apa yang saya mau, sebelum saya harus menulis yang orang lain mau. Saya juga ingin menulis kapanpun saya bisa sebelum ada tulisan "DEADLINE: jam 8 malam!" di meja kerja saya.

Peace!=)

Saturday, September 13, 2008

HELP!!!

Hello….what's wrong with me???


 

Where are the words?


 

My mind's stuck nowhere!


 

I can't write anything but my head is full with informations!


 

DAMN! It's almost two weeks!


 

And I start this month with this fuckin' entry!


 

Whua…..Ananda! what's wrong with you????